Minggu, 10 November 2013

Pengenalan Network


Untuk saat ini mungkin masih ada yang belum memahami sepenuhnya tentang apa itu networking . Pertama – tama , kita perjelas dahulu , yang akan kita bahas adalah computer networking atau jaringan komputer, karena sebenarnya istilah networking ini juga dipakai juga secara luas (misal di dunia marketing maupun bisnis) . Ok , untuk itu kita akan coba membahas tentang apa itu networking .

Sesuai dengan istilahnya , networking itu bisa kita terjemahkan dengan kata “jaringan”. Tentu dari kata ini , kita langsung terbayang benda - benda yang saring terhubung satu dengan lainnya. Betul , begitu juga dengan jaringan komputer . Jaringan komputer bertugas untuk menghubungkan komputer – komputer.





Sekarang setelah komputer– komputer tersebut saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan , maka akan muncul sebuah pertanyaan , apa kegunaannya ?
Kegunaan-nya adalah dengan komputer – komputer itu saling terhubung , mereka dapat saling berkomunikasi dengan bertukar data diantara mereka.

Dengan mereka dapat saling berkomunikasi , beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh:
  1. kita dapat mengirimkan data untuk jarak yang jauh , tanpa perlu mengunjungi-nya secara fisik. Misalnya kita ingin mengirimka sebuah file dokumen antara kantor pusat dan cabang yang terletak di beda kota , kita cukup mengirimkannya via jaringan tanpa perlu pergi ke kota cabang
  2.  kita dapat melakukan melakukan pemrosesan secara terpusat (client-server system) , secara mudahnya , para client meminta server untuk mengerjakan beberapa tugas mereka yang tidak mampu mereka kerjakan sendiri , biasanya karena keterbatasan resource.
  3. kita dapat menjalankan Aplikasi – aplikasi yang telah akrab dengan kita selama ini , seperti email , instant messenger , VoIP sampai file sharing dan masih banyak aplikasi – aplikasi lain yang membutuhkan-nya.
  4. Kita dapat menyimpan data secara terpusat , istilahnya seperti kita menitipkan file – file kita di suatu tempat penyimpanan

Baiklah , selanjutnya pasti akan ada pertanyaan lagi , bagaimana mereka dapat terhubung ? Jaringan komputer dapat terhubung secara wired maupun Wireless .
Masing – masing dari teknologi ini memiliki perangkat maupun standar sendiri .

Demikian perkenalan awal kita , untuk artikel selanjutnya kita akan membahas lebih jauh lagi tentang networking yang semakin banyak pengaplikasiannya saat ini dan membuka peluang – peluang baru bagi kita.


4 komentar: